Sabtu, 17 Februari 2018

Pulau Sumba, Destinasi Wisata Eksotis di Timur Indonesia


Kawasan Timur Indonesia ternyata ada destinasi baru yang tak kalah indah, yakni Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemandangan eksotis berupa bukit savana, pantai, hingga air terjun bisa ditemui di pulau ini.
Dari sekian banyak objek wisata yang ada, savana di Pulau Sumba ini merupakan daya tarik wisata utama sekaligus ikon wisata Pulau Sumba. Savana yang terkenal di Pulau Sumba bernama Bukit Wairinding yang berada di Kabupaten Sumba Timur.

Rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Bukit Wairinding ketika berlibur ke Sumba. Lanskap perbukitan yang indah serta hamparan padang rumputnya yang luas akan memanjakan mata anda. Keelokan hamparan rerumputan berwarna kuning saat musim kemarau dan berwarna hijau saat musim hujan akan membuat anda betah memandangi bukit nan indah tersebut. 

Selain savana, terdapat pula berbagai pantai menawan yang menjadi destinasi wisata di Pulau Sumba. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Mandorak di Sumba Barat Daya. 
Danau Weekuri 

Untuk mencapai Pantai Mandorak, diperlukan usaha yang cukup besar karena letaknya yang tersembunyi. Letaknya yang cukup jauh dari tengah kota serta sulitnya akses menjadi tantangan tersendiri untuk menuju Pantai Mandorak. 
Namun usaha tersebut akan terbayar ketika melihat air laut bening kebiruan, putihnya pasir, serta tebing yang melengkapi indahnya panorama di Bukit Mandorak.
Deru ombak yang menghantam tebing di pinggir pantai ini akan membuat anda enggan meninggalkan tempat ini. 
Ditambah, anda dapat berselancar ataupun diving di Pantai Mandorak yang akan membuat anda betah. 



Di balik tingginya tebing di Pantai Mandorak, tersembunyi surga lain di Sumba yaitu sebuah danau dengan air yang tak kalah jernih. Danau tersebut bernama Danau Weekuri. Danau Weekuri merupakan danau air payau, perpaduan air tawar dan air asin dari laut, yang masih alami dengan pepohonan hijau lebat mengelilinginya. 
Danau ini tidak terlalu dalam. Jika sedang pasang, sekira 2 meter kedalamannya. Sehingga cukup nyaman untuk berenang. Selain atraksi wisata berupa savana dan pantai, Pulau Sumba memiliki air terjun yang tak kalah indahnya dibandingkan wisata lainnya.
Salah satu air terjun yang terkenal adalah air terjun Lapopu di Sumba Barat. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur.

Air terjun Lapopu memiliki tinggi sekitar 90 meter dengan bentuk yang unik yaitu bertangga – tangga. Keunikan serta keadaan alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi air terjun Lapopu. Tidak hanya kaya akan destinasi wisata, Pulau Sumba pula kaya akan budayanya yang masih kental dan khas.
Jika Sumba Timur terkenal akan savana yang berhamparan dimana – mana, di Sumba Barat serta Sumba Barat Daya terkenal akan kampung adatnya. Salah satu kampung adat yang terkenal adalah Kampung Adat Tarung. Kampung Adat Tarung diyakini oleh masyarakat Sumba sebagai tempat tinggal pertama para leluhur. Penghuni dari Kampung Adat Tarung seluruhnya menganut agama asli yaitu Merapu. 

Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Kampung Adat Tarung, yaitu terdapat satu batu di tengah kampung adat yang tidak boleh disentuh. Masyarakat Kampung Tarung telah mengkeramatkan batu tersebut. Sudah sepatutnya kita sebagai wisatawan menghormati hal tersebut. Keberagaman pesona atraksi serta budaya khas yang ditawarkan di Pulau Sumba tentunya akan memanjakan diri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar