Senin, 28 Mei 2018

Tips Menghindarinya Curanmor


Biasanya, permasalahan pencurian kendaraan bermotor alias curanmor bertambah di musim liburan. Seperti liburan akhir tahun laksana ini, tidak sedikit rumah ditinggal pemiliknya.

Jika telah begitu, tentunya kendaraan yang tidak digunakan untuk liburan, andaikan sepeda motor (jika berlibur memakai mobil), atau mobil dan motor (jika berlibur memakai transportasi umum) menjadi target maling.

Ada baiknya, kendaraan yang ditinggal di lokasi tinggal dipersiapkan guna ditinggal lama.

Nah, melewati akun Facebook-nya, Divisi Humas Polri menyerahkan tips bagaimana caranya supaya kendaraan tak mudah diboyong maling. Apa saja itu?

1. Parkir di lokasi aman

Jangan parkir di lokasi yang sepi, atau parkir yang tidak terdapat petugas parkirnya. Atau, parkir di dalam lokasi tinggal atau lokasi yang dapat diperhatikan orang lain.

2. Jangan tinggalkan kunci dan surat urgen di motor

Beberapa pengendara masih suka meninggalkan surat kendaraan yang berharga laksana SIM dan STNK di jok. Kuncinya juga menempel di stop kontak. Hal ini sama sekali tidak disarankan karena bakal kendaraan bakal sangat gampang dicuri.

3. Simpan fotocopy STNK dan BPKB di lokasi aman

Hal ini bermanfaat jika sekiranya kendaraan hilang. Akan lebih gampang dalam pembuatan salinan surat-surat baru, atau sebagai barang bukti.

4. Tambah kunci ganda

Gunakan kunci ganda, serta gunakan kunci rahasia. Agar ketenteraman lebih baik, beli pun gembok eksklusif rem cakram ban depan (pada motor).

5. Tutup kunci magnet

Tutup kunci magnet ketika motor diparkir. Ini bermanfaat untuk meningkatkan ketenteraman kendaraan, atau paling tidak mempersempit peluang pelaku guna membuka stop kontak.

6. Lapor

Tips terakhir ialah laporkan segera untuk petugas kepolisian terdekat andai kedapatan kendaraan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar