Jumat, 31 Agustus 2018

12 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas



Berikut ialah tips-tips supaya memperoleh tidur berkualitas untuk kesehatan tubuh kita :

1. Lakukan olahraga pada siang hari untuk menciptakan tubuh kamu menjadi lelah sehingga menolong anda supaya cepat istirahat di malam hari dan kamu memperoleh istirahat yang berkualitas.
2. Hindari meminum kopi, teh, soda dan minuman lainnya yang berisi kafein pada siang dan senja hari. Zat diuretika yang terdapat di minuman berkafein memicu kandung kemih guna mengeluarkan tidak sedikit urine. Kita jadi tidak jarang terbangun tengah malam guna buang air kecil.

3. Hindari meminum alkohol sebab mengkonsumsi alkohol berlebih bisa membuat kamu terbangun pada malam hari dan sulit untuk istirahat kembali.

4. Biasakan untuk istirahat dan bangun tepat masa-masa dalam masa-masa yang sama masing-masing hari. Jadi, bila hari ini istirahat jam 10 malam dan bangun jam lima pagi, keesokan harinya lakukan jam istirahat serta bangun yang sama. Lakukan secara rutin masing-masing hari dan biasakan tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam masing-masing harinya.

5. Hindari istirahat disiang hari. Tidur siang lebih dari satu jam pada siang hari dapat menciptakan kita terjaga di malam hari.

6. Hindari konsumsi makanan berat berkalori tinggi pada malam hari. Agar metabolisme tubuh berlangsung sempurna, berhenti santap minimal dua atau tiga jam sebelum tidur. Karena proses pengolahan makanan di drainase pencernaan dapat mengganggu kenyamanan tidur.

7. Jika kamu bekerja pada malam hari maka hentikan kegiatan 1 jam sebelum tidur. Disarankan kamu membuat jeda antara kamu berhenti bekerja dengan ketika sebelum kamu naik ke atas ranjang anda, paling tidak ½ jam. Biasanya anda akan mengalami kendala untuk tidur andai kita langsung berbaring sehabis bekerja. Dalam masa-masa jeda itu Anda dapat melakukan pekerjaan yang dapat menciptakan diri kita rileks seperti, mandi air hangat, membaca, memperhatikan musik lembut, atau menggunakan lotion (bagi wanita).

8. Pastikan kasur kamu sangat nyaman dan kamar tidur kamu mempunyai ventilasi yang bagus. Kasur yang nyaman ialah kasur yang bisa menopang tubuh kamu lebih baik sehingga kamu merasa jauh lebih nyenyak sekitar tidur.

9. Minumlah minuman hangat laksana susu atau teh saat akan pergi tidur.

10. Bagi sejumlah orang istirahat dengan mendekap guling dapat menciptakan perasaan lebih nyaman dan tenang.

11. Ganti profil HP atau tablet dengan mode silent dan jauhkan dari jangkauan. Gelombang elektromagnetik dari hape dapat membuat anda sakit kepala, telinga berdengung, dan susah tidur.

12. Padamkan lampu kamar dan matikan perlengkapan elektronik laksana laptop, TV, atau radio. Selain irit energi, cahaya dari perangkat elektronik dapat mengaktifkan korteks serebal benak (bagian benak untuk berpikir). Efeknya masa-masa istirahat benak kita jadi tidak cukup berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar