Kamis, 27 September 2018

5 Cara Jitu Memilih Vitamin Anak


Vitamin anak sangatlah penting sebagai suplemen penambah gizi bagi si kecil. Orang tua haruslah cermat dalam memilih vitamin yang berkualitas bagus untuk buah hati tercinta. Vitamin menjadi salah satu kebutuhan bagi anak. Peran vitamin bukanlah termasuk pengganti asupan gizi yang lain, tetapi hanya sebagai suplemen pelengkap untuk anak. 

Para ahli gizi mengatakan bahwa pemberian multivitamin diperlukan jika anak mengalami hal-hal seperti: kebutuhan nutrisi dan gizinya tidak seimbang, rewel atau sulit makan, memiliki kondisi medis yang kronis seperti masalah asma atau pencernaan, aktif bermain atau menjalani kegiatan olahraga, serta menjalani diet vegetarian atau pembatasan diet lainnya. 

Berikut 5 cara jitu memilih vitamin anak yang bisa Anda coba : 

1. Sesuai usia 

Banyak jenis vitamin yang bermunculan tetapi tak semuanya cocok untuk anak. Yang perlu Anda perhatikan adalah melihat usia yang pas ketika memberikan vitamin anak. Jika anak memang kekurangan asupan gizi, Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis vitamin apa yang sesuai dengan usia si kecil. 

2. Perhatikan kandungannya 

Sebelum memberi vitamin kepada anak, Anda harus memperhatikan kandungan vitamin tersebut. Kekurangan nutrisi memang bisa menghambat tumbuh kembang anak. Tetapi kelebihan zat makanan tertentu termasuk vitamin dan mineral juga bisa mengganggu kesehatan anak. Jadi jangan berlebihan juga ya dalam memberikan vitamin kepada buah hati. 

3. Efek samping 

Selalu perhatikan jenis vitamin yang diberikan pada si kecil. Untuk konsumsi vitamin yang menyebabkan efek samping, Anda bisa langsung menghubungi dokter. Gejala efek samping timbul bisa disebabkan karena alergi atau ketidakcocokan anak terhadap vitamin tersebut. 

4. Berkualitas 

Untuk mendapatkan vitamin yang bagus, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan harga yang terjangkau saja Anda bisa mendapatkan vitamin yang bagus. Biasanya vitamin yang berharga mahal memiliki kandungan nutrien yang berlebihan dan justru tidak baik untuk kesehatan. 

5. Tanya dokter 

Nah, ini hal yang wajib Anda lakukan ya. Untuk memastikan vitamin yang dikonsumsi itu aman bagi si kecil, maka tanyakan saja langsung kepada dokter anak. Dokter anak lebih mengetahui vitamin yang cocok untuk si kecil dari segi usianya. 

Ada kalanya anak memiliki alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu sehingga Anda pun tidak boleh asal memberikan vitamin atau jenis obat tertentu tanpa rekomendasi dokter. 

6. Masa kadaluwarsa 

Sangat penting mengetahui masa kadaluwarsa dari vitamin yang dikonsumsi. Jangan sampai Anda memberikan vitamin yang sudah habis masa kadaluwarsanya. Selalu cek tanggal kadaluwarsa yang umumnya ditulis di bungkus vitamin tersebut. 

Sah-sah saja dan normal apabila Anda ingin memberikan vitamin anak. Hanya saja, Anda harus tetap mengimbanginya dengan memberikan makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Selain itu, penting pula untuk memastikan bahwa lingkungan anak terjaga kebersihannya. 

Oia, untuk memastikan bahwa makanan si kecil bernutrisi tinggi, Anda bisa mengandalkan Blueband sebagai pengganti minyak. Jumlah Omega 3 dan 6 yang terkandung dalam Blueband Serbaguna setara dengan 250g salmon atau tiga gelas susu. Tentu hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan perkembangan optimal anak. 

Demikianlah 5 tips penting yang harus Anda perhatikan ketika berencana memilih dan membeli vitamin anak. Selalu ingat bahwa anak cenderung memiliki daya tahan tubuh yang belum stabil, sehingga Anda pun harus memastikan bahwa vitamin yang diberikan pada si kecil adalah jenis vitamin yang tepat. Dengan begitu kesehatan anak senantiasa terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar