Rabu, 26 September 2018

Caranya Agar Tetap Nyenyak Meski Sedang Stres


Tidur ialah kebutuhan masing-masing orang. Ya, memang mengasyikkan jika dapat tidur lelap di malam hari sesudah lelah seharian beraktivitas. Namun, istirahat terasa tidak enak andai Anda sedang berada dalam desakan atau stres. Tidur tak lagi nyenyak, bahkan untuk memblokir mata saja sulit. Tak butuh cemas, begini teknik tidur nyenyak walau sedang stres.

Cara istirahat nyenyak ketika stres

Stres dapat diakibatkan oleh sekian banyak hal dari mulai kegiatan yang menumpuk, masalah keluarga, masalah dengan pasangan, atau masalah dengan diri sendiri. Saat stres, kadar hormon kortisol di dalam tubuh bertambah dan merangsang hormon penyebab peradangan yakni sitokin.

Sitokin yang berlebih di dalam tubuh dapat membuat kita menjadi sulit tidur. Nah, supaya Anda dapat tetap istirahat dengan lelap dan berkualitas, berikut sekian banyak tips yang dapat dicoba.

1. Buat tubuh dan benak rileks

Salah satu teknik terbaik guna menghilangkan stres merupakan dengan mengerjakan relaksasi tubuh dan pun pikiran. Meditasi menjadi salah satu teknik ampuh yang dapat Anda kerjakan untuk merilekskan tubuh dan mendinginkan pikiran.

Meditasi ialah latihan yang dilaksanakan untuk membuat pikiran dan tubuh yang rileks tanpa membutuhkan alat tolong khusus. Anda melulu perlu melakukannya di keadaan yang tenang.

Anda dapat melakukan meditasi dengan teknik memusatkan benak sembari duduk bersila. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan berulang kali sampai Anda merasa tenang dan jauh lebih baik. Cobalah praktikkan masing-masing hari satu sampai dua jam sebelum tidur.

2. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur menolong tubuh guna menurunkan hormon kortisol dan epineprin. Sebaliknya, kadar hormon norepineprin atau hormon antidepresan malah meningkat. Di samping itu, olahraga pun memicu penambahan hormon bahagia, yakni hormon serotonin dan endorfin.

Dikutip dari American Psychological Association, olahraga pun dapat memaksa tubuh guna bekerja lebih optimal, tergolong sistem saraf. Jadi, urusan ini dapat menjadi pertahanan dalam menghadapi stres.

Usahakan guna berolahraga paling tidak dua jam sebelum tidur supaya suhu bisa kembali normal. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan kita pun dapat tidur dengan nyenyak.

3. Mandi air hangat

Mandi dan berendam air hangat sebelum tidur dapat menjadi salah satu teknik relaksasi yang nyaman. Air hangat menolong menenangkan tubuh dengan mencungkil hormon endorfin.

Bahkan, menurut keterangan dari Dr. Bobby Buka, seorang dokter kulit asal New York, mengaku bahwa berendam air hangat dapat membantu membangunkan semangat sebab aliran darah ke kulit meningkat. Dengan begitu, benak akan masalah yang dipunyai tergantikan dengan benak positif yang menciptakan Anda motivasi untuk menjalani hari esok.

Apalagi, andai setelah mandi lantas Anda masuk ke kamar dengan suhu yang sejuk maka rasa kantuk bakal semakin terasa. Pasalnya, udara yang sejuk menciptakan suhu internal tubuh menurun dan secara otomatis menciptakan Anda mengantuk.

4. Tidur di jam yang sama

Meski sulit, namun Anda perlu mengupayakan untuk memutuskan jadwal istirahat yang sama masing-masing harinya. Hal ini dilaksanakan sebagai salah satu teknik untuk memutuskan konsistensi demi menemukan jam istirahat yang lumayan dan berkualitas. Untuk menolong Anda istirahat di masa-masa yang sama masing-masing harinya, usahakanlah untuk menghentikan kegiatan satu jam sebelum waktu istirahat Anda.

Kemudian, bersiaplah untuk istirahat di kamar yang telah Anda persiapkan senyaman mungkin. Setelah itu, jauhkan gawai (gadget) dari lokasi tidur kita dan matikan lampu. Meski kita merasa belum mengantuk namun tetap pejamkan mata. Lama kelamaan, Anda bakal tertidur dengan sendirinya.

Berbagai teknik tidur lelap ini tidak bakal terwujud tanpa komitmen dan niat yang kuat. Tanamkan dalam benak bahwa Anda menyukai tubuh kita dan tidak boleh biarkan stres merenggutnya, tergolong waktu tidur berbobot | berbobot | berkualitas yang seharusnya kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar