Rabu, 26 September 2018

Permainan Anak yang Mendidik Bisa Anda Buat Sendiri Loh!


Permainan anak yang mendidik berfungsi untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan positif dari seorang anak. Hal ini jelas karena memang dunia anak masih berfokus untuk bermain-main sehingga sebagai orang tua harus tepat dalam memberikan media bermainnya. Terlebih di era teknologi seperti ini orang tua dituntut untuk bisa lebih selektif agar anak tidak kecanduan gadget diusianya yang masih sangat belia. 

Apabila anak sudah kecanduan dengan yang namanya gadget tentu ini akan memberikan dampak buruk terhadap fisik maupun psikologis dari anak. Ada banyak sekali jenis permainan lain yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan kecerdasan serta motorik anak. Karena anak termasuk mudah dalam menangkap hal yang baru maka bisa mulai diajarkan sejak kecil agar bermain bisa dilakukan sembari belajar. 

Jenis Permainan Anak yang Mendidik

Dengan menggunakan media bermain sebagai sarana untuk sekaligus belajar maka anak akan bisa menangkap pelajaran tanpa menjadikan hal tersebut menjadi membosankan. Selain itu anak juga akan lebih mudah memahami sesuatu jika dilakukan dengan pendekatan yang benar. 

Sebagai orang tua dan sekolah pertama bagi anak, maka Anda perlu memberikan permainan yang mengasah kreatifitas anak. Permainan anak yang mendidik tentu juga bisa membangun sifat serta keterampilan dari anak tercinta. 

Nah agar Anda tidak bingung lagi menentukan permainan yang tepat bagi anak, maka simaklah beberapa jenis permainan berikut yang bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik: 

1. Lego 

Salah satu mainan legendaris ini sangatlah cocok untuk diberikan pada anak. Dengan permainan ini maka anak bisa membangun kreatifitas dengan membuat bentuk sesuai bayangannya. Selain itu anak juga bisa dilatih untuk mengenali warna karena memang mainan ini identik dengan warnanya yang beragam. 

2. Air 

Siapa bilang bermain air itu selalu buruk? Jika Anda bisa tepat dalam memberikan pemahaman pasti banyak hal yang bisa dipelajari dari sini. Anda bisa mulai mengajarkan bagaimanan air bisa mengalir dari tempat tinggi ke rendah. 

Atau Anda juga bisa bereksperimen lain yang lebih rumit, seperti kemampuan daya serap lingkungan atau percobaan tentang kemampuan benda untuk bisa mengapung. 

3. Gambar kejadian 

Permainan anak yang mendidik selanjutnya adalah permainan menggambar sebuah kejadian. Dengan ini Anda bisa melatih kreativitas, daya imajinasi, dan juga kemampuan menggambarnya. 

Untuk lebih menarik maka setelah gambar selesai dibuat mintalah anak untuk menceritakan maksud dari gambarannya. Dengan hal ini Anda bisa melatih anak untuk bisa menceritakan apa yang ada dipikirannya dan berani mengungkapkan keinginanya. 

4. Berburu harta karun 

Permainan ini cukup simple dan patut untuk dicoba karena memberikan manfaat yang cukup banyak. Dengan permainan seperti ini Anda bisa membantu anak untuk merangsang gerak motorik dan mampu berfikir bagaimana menyelesaikan permasalahan yang anda. Untuk lebih menarik buatlah beberapa petunjuk kemudian sebarkan di seluruh penjuru rumah dan minta anak untuk menyusun teka-teki tersebut. 

5. Papan geometri 

Karena hampir semua anak suka mencoba hal baru maka tak ada salahnya mengajak anak membuat papan geometri. Ajarkan cara membuat beragam bentuk dan kemudian minta anak untuk membuat yang sama dan kemudian hasilnya bisa ditempel. 

Itulah tadi beberapa permainan anak yang mendidik dan bisa dijadikan sebagai pilihan. Yang terpenting adalah jangan takut dan menghalangi anak untuk berkotor-kotoran. Jika itu terjadi maka tidak perlu khawatir karena Rinso bisa diandalkan untuk membersihkan semua noda membandel pakaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar